ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Annida Putri Nastiti Universitas Negeri Jakarta
  • Yustia Suntari Universitas Negeri Jakarta
  • Chrisnaji Banindra Yudha Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2694

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Majemuk, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk menganalisis pengaruh kecerdasan interpersonal pada capaian belajar IPS khususnya di tingkat Sekolah Dasar. Metode yang diterapkan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian literatur, yaitu menelaah berbagai literatur yang sudah ada. Dalam mencari literatur, peneliti memilih dan mengambil literatur-literatur yang terindeks Google Scholar. Dari beberapa literatur yang dikaji, penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap capaian belajar IPS peserta didik Sekolah Dasar. Semakin bagus kecerdasan interpersonalnya, maka semakin bagus pula hasil belajar yang didapat olehnya. Peserta didik dengan kecerdasan interpersonal yang tinggi cenderung aktif dalam berinteraksi dengan teman dan gurunya, baik dalam bekerja sama, dan tidak ragu dalam mengemukakan pendapat, yang turut berkontribusi pada hasil belajar. Dari hal tersebut, bisa dipastikan bahwasannya kecerdasan interpersonal merupakan salah satu dari banyaknya hal yang berpengaruh terhadap hasil belajar IPS.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Nastiti, A. P., Suntari, Y., & Yudha, C. B. (2025). ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 125–134. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2694

Issue

Section

Articles