PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI CHALLENGE-BASED LEARNING (CBL)
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2701Keywords:
Berpikir kritis, Challenge-Based Learning, pendidikan dasarAbstract
Model Challenge-Based Learning (CBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model CBL dalam membentuk pola pikir kritis siswa melalui pendekatan studi pustaka. Kajian dilakukan terhadap artikel-artikel yang relevan dan terbit dalam rentang waktu 2020 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan CBL mendorong keterlibatan aktif siswa dalam eksplorasi, kolaborasi, dan refleksi, sehingga memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kritis, seperti menganalisis informasi, menyusun argumen, dan menyimpulkan secara logis. Tahapan dalam model CBL juga dinilai sejalan dengan proses berpikir kritis yang dibutuhkan siswa sekolah dasar. Dengan demikian, CBL berpotensi menjadi alternatif strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sejak dini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.