PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI CHALLENGE-BASED LEARNING (CBL)

Authors

  • Fariha Azmi Universitas Negeri Jakarta
  • Taofik Universitas Negeri Jakarta
  • Dudung Amir Sholeh Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2701

Keywords:

Berpikir kritis, Challenge-Based Learning, pendidikan dasar

Abstract

Model Challenge-Based Learning (CBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model CBL dalam membentuk pola pikir kritis siswa melalui pendekatan studi pustaka. Kajian dilakukan terhadap artikel-artikel yang relevan dan terbit dalam rentang waktu 2020 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan CBL mendorong keterlibatan aktif siswa dalam eksplorasi, kolaborasi, dan refleksi, sehingga memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kritis, seperti menganalisis informasi, menyusun argumen, dan menyimpulkan secara logis. Tahapan dalam model CBL juga dinilai sejalan dengan proses berpikir kritis yang dibutuhkan siswa sekolah dasar. Dengan demikian, CBL berpotensi menjadi alternatif strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sejak dini.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Azmi, F., Taofik, & Sholeh, D. A. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI CHALLENGE-BASED LEARNING (CBL). CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 155–165. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2701

Issue

Section

Articles