PENGARUH STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dhea Octa Veronika Universitas Lampung
  • Frida Destini Universitas Lampung
  • Jody Setya Hermawan Universitas Lampung
  • Riswandi Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2703

Keywords:

STAD Type Cooperative

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung oleh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SDN 6 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui nonprobability sampling dengan metode total sampling, yang melibatkan 25 peserta didik kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan 25 peserta didik kelas VB sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai kelompok eksperimen sebesar 60,96, sementara kelompok kontrol memiliki rata-rata nilai 53,44. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,027, yang berada di bawah ambang batas 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model STAD berbantuan LKPD berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Veronika, D. O., Destini, F., Hermawan, J. S., & Riswandi. (2025). PENGARUH STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 217–227. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2703

Issue

Section

Articles