ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DI KELAS 4 SDN TANJUNG

Authors

  • Isyfi Nurkhomisa Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Riza Fatimah Zahrah Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Winarti Dwi Febriani Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian enam peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan matematika (tinggi, sedang, dan rendah) serta satu orang guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis kesulitan belajar dilakukan menggunakan teori Newman yang mencakup lima tahapan: membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan paling dominan dialami peserta didik berada pada tahapan memahami kemudian tahapan penulisan jawaban, transformasi, keterampilan proses, dan paling rendah adalah membaca. Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik berasal dari faktor internal yaitu rendahnya motivasi dan pemahaman konsep serta faktor eksternal seperti kurangnya variasi metode dan media pembelajaran.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Nurkhomisa, I., Zahrah, R. F., & Febriani, W. D. (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DI KELAS 4 SDN TANJUNG. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 135–143. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2710

Issue

Section

Articles