PENERAPAN MODEL REACT UNTUK PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Erliza Rahmadini Universitas Negeri Jakarta
  • Taofik Universitas Negeri Jakarta
  • Dudung Amir Soleh Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2711

Keywords:

REACT model , Conceptual Understanding

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran REACT terhadap pemahaman konsep IPA pada siswa sekolah dasar. Masalah yang diangkat berawal dari rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep-konsep IPA akibat pendekatan pembelajaran yang belum kontekstual. Studi ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji artikel ilmiah nasional terindeks Sinta yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa model REACT, dengan lima tahapannya yaitu Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring, terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA secara signifikan. Model ini mendorong keterlibatan aktif siswa, menumbuhkan minat belajar, serta memperkuat keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Kendala utama penerapan model ini meliputi keterbatasan waktu, sarana, serta pemahaman guru. Namun, strategi penguatan seperti pelatihan guru, dukungan sekolah, dan pemanfaatan sumber daya lokal menjadi kunci keberhasilan implementasi model REACT secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Rahmadini, E., Taofik, & Soleh, D. A. (2025). PENERAPAN MODEL REACT UNTUK PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 166–180. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2711

Issue

Section

Articles