IMPLEMENTASI KUIS INTERAKTIF BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2720Keywords:
Baamboozle, hasil belajar kognitif, IPAS, kuis interaktif, sekolah dasarAbstract
Rendahnya hasil belajar kognitif IPAS kelas IV-B dibuktikan dari hasil tes tulis yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan kuis interaktif baamboozle untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan PTK. Penelitian ini dilakukan di SDN Banjaran 4 dengan subjek penelitian kelas IV-B sebanyak 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis, observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil belajar kognitif pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebanyak 30%. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 53,3%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kuis interaktif baamboozle dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV-B di SDN Banjaran 4. Penerapan kuis interaktif baamboozle dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.