ANALISIS PERAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENCAPAI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) PADA CALON GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sherly Marlinda Universitas Negeri Jakarta
  • Mahmud Yunus
  • Atikah Atsfa Sari
  • Jonatan Silaban

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2732

Keywords:

Sustainable Development Goals (SDGs), Pendidikan Multikultural

Abstract

Penelitian ini membahas peran pendidikan multikultural dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan keempat tentang pendidikan berkualitas. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi pemahaman dan kesiapan calon guru sekolah dasar dalam mengintegrasikan nilai-nilai keberagaman, inklusivitas, dan keberlanjutan ke dalam proses pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen, melibatkan 12 responden dari berbagai kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural dianggap penting dalam membentuk karakter siswa yang toleran, inklusif, dan menghargai perbedaan. Para calon guru juga menyadari peran strategis mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang adil dan mendukung SDGs. Meski demikian, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru dan kurikulum khusus masih menjadi kendala implementasi. Oleh karena itu, diperlukan upaya sistemik melalui pelatihan, kurikulum berbasis keberagaman, dan kebijakan pendidikan yang mendukung praktik inklusif di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Marlinda, S., Mahmud Yunus, Atikah Atsfa Sari, & Silaban, J. (2025). ANALISIS PERAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENCAPAI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) PADA CALON GURU SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 228–237. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2732

Issue

Section

Articles