ANALISIS PERAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENCAPAI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) PADA CALON GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2732Keywords:
Sustainable Development Goals (SDGs), Pendidikan MultikulturalAbstract
Penelitian ini membahas peran pendidikan multikultural dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan keempat tentang pendidikan berkualitas. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi pemahaman dan kesiapan calon guru sekolah dasar dalam mengintegrasikan nilai-nilai keberagaman, inklusivitas, dan keberlanjutan ke dalam proses pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen, melibatkan 12 responden dari berbagai kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural dianggap penting dalam membentuk karakter siswa yang toleran, inklusif, dan menghargai perbedaan. Para calon guru juga menyadari peran strategis mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang adil dan mendukung SDGs. Meski demikian, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru dan kurikulum khusus masih menjadi kendala implementasi. Oleh karena itu, diperlukan upaya sistemik melalui pelatihan, kurikulum berbasis keberagaman, dan kebijakan pendidikan yang mendukung praktik inklusif di sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.