PENGARUH GROUP INVESTIGATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS IX KOTA BENGKULU

Authors

  • Aisyah Putri Universitas Bengkulu
  • Neza Agusdianita Universitas Bengkulu
  • Irfan Supriatna Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2736

Keywords:

Model Pembelajaran Group Investigation, Etnomatematika, Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus IX Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari kelas VB SDN 61 Kota Bengkulu (kontrol, 28 siswa) dan VA SDN 82 Kota Bengkulu (eksperimen, 22 siswa). Kelas kontrol menggunakan model konvensional, sementara kelas eksperimen menggunakan model Group Investigation berbasis etnomatematika. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian, dan data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji-t. Hasil menunjukkan rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi (64,55) dibanding kelas kontrol (48,21). Uji-t menghasilkan nilai t_hitung > t_tabel (3,411 > 1,677) dan Sig. = 0,001 < 0,005, sehingga terdapat perbedaan signifikan. Kesimpulannya, model Group Investigation berbasis etnomatematika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

 

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Putri, A. ., Agusdianita, N., & Supriatna, I. (2025). PENGARUH GROUP INVESTIGATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS IX KOTA BENGKULU. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 238–246. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2736

Issue

Section

Articles