PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2737Keywords:
Berpikir kritis, Discovery learning model, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode Discovery Learning dalam pembelajaran IPAS pada materi hidup bersama alam di kelas III MIS 09 Bajo. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa serta menganalisis efektivitas penerapan Discovery Learning dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode campuran kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas III. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan peningkatan skor berpikir kritis dari 59,5 pada prasiklus menjadi 69,5 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80,5 pada siklus II. Dengan demikian, metode pembelajaran penemuan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara bertahap dan signifikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.