PENGARUH METODE GASING TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2765Keywords:
Metode GASING, Keterampilan Berhitung, Pengurangan, Peserta Didik, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) terhadap keterampilan berhitung siswa kelas III pada materi pengurangan di SDN 1 Cilangkap. Latar belakangnya adalah rendahnya kemampuan siswa dalam pengurangan serta dominasi metode ceramah yang membuat siswa kurang aktif. Metode GASING dinilai mampu meningkatkan pemahaman melalui pendekatan konkret, abstrak, dan mencongak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental dan uji Mann-Whitney U. Hasil menunjukkan rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5322 (sedang) dan kontrol 0,1383 (rendah). Nilai Asymp. Sig. 0,017 < 0,05 menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar kedua kelas. Dengan demikian, metode GASING efektif meningkatkan keterampilan berhitung. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode GASING dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.