PENGARUH MODUL AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Salsabila Putri Universitas Lampung
  • Rapani Universitas Lampung
  • Fatkhur Rohman Universitas Lampung
  • Fadhillah Khairani Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2787

Keywords:

Science Literacy, teaching module, , contextual learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modul ajar berbasis CTL terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD IT Smart Insani. Jenis penelitian yang diterapkan adalah eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Subjekpenelitian ini berjumlah 97 peserta didik, dimana sampel sebanyak 48 peserta didik ditentukan melalui teknikpurposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda (15 soal). Melalui uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang artinya penerapan modul ajar berbasis CTL berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model CTL memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kels IV SD IT Smart Insani

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Putri, S., Rapani, Rohman, F., & Khairani, F. (2025). PENGARUH MODUL AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 293–299. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2787

Issue

Section

Articles