PENGARUH MODUL AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2787Keywords:
Science Literacy, teaching module, , contextual learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modul ajar berbasis CTL terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD IT Smart Insani. Jenis penelitian yang diterapkan adalah eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Subjekpenelitian ini berjumlah 97 peserta didik, dimana sampel sebanyak 48 peserta didik ditentukan melalui teknikpurposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda (15 soal). Melalui uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang artinya penerapan modul ajar berbasis CTL berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model CTL memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kels IV SD IT Smart Insani
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.