PENERAPAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI SDIT BAIT ADZKIA ISLAMIC SCHOOL CIPUTAT
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2811Keywords:
Prinsip Pengembangan KurikulumAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum menurut Hamalik dalam pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Bait Adzkia Islamic School Ciputat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah yang merangkap sebagai guru Bahasa Arab. Hasil menunjukkan bahwa prinsip orientasi pada tujuan, relevansi, efisiensi, efektivitas, fleksibilitas, kontinuitas, keseimbangan, keterpaduan, dan mutu telah diterapkan secara proporsional. Kurikulum disusun secara mandiri dengan pendekatan kontekstual dan komunikatif, meskipun menghadapi tantangan keterbatasan waktu dan guru khusus. Pembiasaan Bahasa Arab diterapkan dalam kegiatan harian, dan evaluasi dilakukan secara tematik serta reflektif. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru, penambahan waktu belajar, serta integrasi lebih luas antara Bahasa Arab dan mata pelajaran keislaman. Hasil studi ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan kurikulum Bahasa Arab berbasis nilai-nilai Islam di sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.