PENERAPAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI SDIT BAIT ADZKIA ISLAMIC SCHOOL CIPUTAT

Authors

  • Mutmainnah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Laili Alfi Romadhoni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhammad Muhsin Dhavi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Maswani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2811

Keywords:

Prinsip Pengembangan Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum menurut Hamalik dalam pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Bait Adzkia Islamic School Ciputat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah yang merangkap sebagai guru Bahasa Arab. Hasil menunjukkan bahwa prinsip orientasi pada tujuan, relevansi, efisiensi, efektivitas, fleksibilitas, kontinuitas, keseimbangan, keterpaduan, dan mutu telah diterapkan secara proporsional. Kurikulum disusun secara mandiri dengan pendekatan kontekstual dan komunikatif, meskipun menghadapi tantangan keterbatasan waktu dan guru khusus. Pembiasaan Bahasa Arab diterapkan dalam kegiatan harian, dan evaluasi dilakukan secara tematik serta reflektif. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru, penambahan waktu belajar, serta integrasi lebih luas antara Bahasa Arab dan mata pelajaran keislaman. Hasil studi ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan kurikulum Bahasa Arab berbasis nilai-nilai Islam di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mutmainnah, Romadhoni, L. A., Dhavi, M. M., & Maswani. (2025). PENERAPAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI SDIT BAIT ADZKIA ISLAMIC SCHOOL CIPUTAT. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 300–310. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2811

Issue

Section

Articles