PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Mayang Sari Nasution Universitas Rokania
  • Ariana Diyah Anesti Putri Universitas Rokania
  • Devi Universitas Rokania
  • Nadia Sepriani Universitas Rokania
  • Khoirun Nisak Universitas Rokania

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2821

Keywords:

Media Interaktif, Hasil Belajar Matematika, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar matematika anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Rokan Hulu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) melalui model Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa, dibagi ke dalam dua kelompok: eksperimen dan kontrol, masing-masing berjumlah 8 orang. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata yang relatif sama antara kedua kelompok. Setelah perlakuan, hasil posttest kelompok eksperimen meningkat signifikan dibanding kelompok kontrol. Uji statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan media interaktif. Selain itu, observasi menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika anak berkebutuhan khusus. Hasil ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif di SLB.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Nasution, M. S., Putri, A. D. A., Devi, Sepriani, N., & Nisak, K. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 330–338. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2821

Issue

Section

Articles