ANALISIS MODEL PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH LUAR BIASA KARYA BAKTI UJUNG BATU

Authors

  • Melya Lestari Universitas Rokania
  • Asmi Nasution Universitas Rokania
  • Fatika Nuril Fauziah Universitas Rokania
  • Wika Maylani Universitas Rokania
  • Nauli Tama Sari Universitas Rokania

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2822

Keywords:

Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis model pendidikan inklusi di SLB Karya Bakti Ujung Batu, meliputi pendekatan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan inklusi berbasis kebutuhan individual diterapkan melalui Program Pembelajaran Individual (PPI) dan metode pembelajaran adaptif. Pelaksanaan inklusi melibatkan kolaborasi guru, penggunaan media visual, dan partisipasi orang tua. Evaluasi dilakukan secara individual dengan menekankan pada kemajuan siswa. Kendala utama meliputi keterbatasan tenaga pendidik, fasilitas, dan pelatihan guru. Meski demikian, sekolah melakukan inovasi seperti pelatihan internal dan pengembangan media pembelajaran sederhana. Studi ini merekomendasikan peningkatan kapasitas guru dan dukungan lintas sektor untuk memperkuat implementasi pendidikan inklusi.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Lestari, M., Asmi Nasution, Fauziah, F. N., Maylani, W., & Sari, N. T. (2025). ANALISIS MODEL PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH LUAR BIASA KARYA BAKTI UJUNG BATU. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 379–386. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2822

Issue

Section

Articles