MEDIA BLENDWACY 3D: SOLUSI VISUAL INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN SIKLUS AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhamad Jamiul Munawar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Anggia Suci Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Mohammad Fahmi Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • N Leni Sri Mulyani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2828

Keywords:

Siklus Air, Media Pembelajaran, Blenwacy 3 Dimensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis 3 dimensi dengan nama Blendwacy 3D pada materi siklus air untuk siswa kelas V SD Negeri 3 Cisaruni. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE, terbatas hingga tahap Development. Media dirancang menggunakan perangkat lunak Blender dan Canva, kemudian divalidasi oleh ahli media, materi, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata 3,81 (media), 3,80 (materi), dan 4,00 (bahasa) dengan kategori “Sangat Baik”. Uji coba kepada 23 siswa menunjukkan respon positif dengan skor rata-rata 3,77. Blendwacy 3D dinilai layak, menarik, dan mudah digunakan dalam pembelajaran. Media ini membantu siswa memahami konsep siklus air yang abstrak melalui visualisasi dan interaksi. Penelitian ini mendukung penerapan pembelajaran konstruktivistik dan menjadi solusi inovatif berbasis teknologi ringan untuk sekolah dasar, khususnya yang memiliki keterbatasan perangkat digital.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Munawar, M. J., Pratiwi, A. S., Nugraha, M. F., & Mulyani, N. L. S. (2025). MEDIA BLENDWACY 3D: SOLUSI VISUAL INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN SIKLUS AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 319–329. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2828

Issue

Section

Articles