MEDIA BLENDWACY 3D: SOLUSI VISUAL INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN SIKLUS AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2828Keywords:
Siklus Air, Media Pembelajaran, Blenwacy 3 DimensiAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis 3 dimensi dengan nama Blendwacy 3D pada materi siklus air untuk siswa kelas V SD Negeri 3 Cisaruni. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE, terbatas hingga tahap Development. Media dirancang menggunakan perangkat lunak Blender dan Canva, kemudian divalidasi oleh ahli media, materi, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata 3,81 (media), 3,80 (materi), dan 4,00 (bahasa) dengan kategori “Sangat Baik”. Uji coba kepada 23 siswa menunjukkan respon positif dengan skor rata-rata 3,77. Blendwacy 3D dinilai layak, menarik, dan mudah digunakan dalam pembelajaran. Media ini membantu siswa memahami konsep siklus air yang abstrak melalui visualisasi dan interaksi. Penelitian ini mendukung penerapan pembelajaran konstruktivistik dan menjadi solusi inovatif berbasis teknologi ringan untuk sekolah dasar, khususnya yang memiliki keterbatasan perangkat digital.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.