PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LIVEWORKSHEETS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Annisa Salsabila Universitas Lampung
  • Fadhilah Khairani Universitas Lampung
  • Deviyanti Pangestu Universitas Lampung
  • Muhammad Nurwahidin Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2835

Keywords:

Bahan Ajar, Berpikir Kreatif, Liveworksheets

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bahan ajar liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari 39 siswa kelas IV yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui tes uraian berdasarkan indikator berpikir kreatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 4,054 lebih besar dari t tabel sebesar 2,026 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak. Rata-rata N-Gain kelompok eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan liveworksheets memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Temuan ini mendukung penerapan bahan ajar digital interaktif untuk memperkuat keterampilan berpikir tingkat tinggi di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Salsabila, A., Khairani, F., Pangestu, D., & Nurwahidin, M. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LIVEWORKSHEETS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 339–349. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2835

Issue

Section

Articles