STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS III DI SDN 3 SUKASARI KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Nova Ramadani Putri Universitas Perjuangan
  • Agus Ahmad Wakih Universitas Perjuangan
  • Geri Syahril Sidik Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2837

Keywords:

Peran Guru, Kenakalan Siswa, Strategi Pembinaan

Abstract

Kenakalan siswa sekolah dasar dapat mengganggu proses pembelajaran dan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran guru dalam menangani kenakalan siswa kelas III di SDN 3 Sukasari Kota Tasikmalaya. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi satu guru kelas III dan lima siswa. Hasil menunjukkan bahwa kenakalan seperti berkata kasar, mengejek, mencontek, dan membolos dipengaruhi oleh faktor internal (kontrol diri, motivasi) dan eksternal (pola asuh, lingkungan). Guru menerapkan strategi preventif seperti penanaman nilai karakter, serta pendekatan represif berupa pembinaan pribadi dan komunikasi dengan orang tua. Peran guru terbukti penting dalam membentuk perilaku positif siswa. Studi ini merekomendasikan kolaborasi intensif antara guru dan orang tua sebagai langkah efektif dalam pencegahan kenakalan sejak dini.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Putri, N. R., Wakih, A. A., & Sidik, G. S. (2025). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS III DI SDN 3 SUKASARI KOTA TASIKMALAYA. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 359–365. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2837

Issue

Section

Articles