KONTRIBUSI MAHASISWA PGSD DALAM PENGUATAN KESADARAN MULTIKULTURAL DI MASYARAKAT MELALUI PRAKTIK EDUKATIF

Authors

  • Dinda Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Mahmud Yunus Universitas Negeri Jakarta
  • Aqilah Luthfiyah Universitas Negeri Jakarta
  • Pamuji Kristoper Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2840

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Toleransi, Keberagaman, Masyarakat Inklusif

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam membentuk kesadaran multikultural di masyarakat melalui pendekatan edukatif dan praktik langsung. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek mahasiswa PGSD semester akhir yang mengikuti program Kampus Mengajar dan Praktik Kerja Mengajar (PKM) di lingkungan multikultural. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa berkontribusi dalam menanamkan nilai toleransi, gotong royong, dan keberagaman melalui interaksi sosial, pengembangan materi ajar multikultural, serta penciptaan lingkungan belajar inklusif. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi lingkungan, mahasiswa menunjukkan adaptabilitas dan inisiatif tinggi. Temuan ini menegaskan peran strategis mahasiswa PGSD sebagai agen perubahan sosial yang mendukung penguatan nilai-nilai multikultural di masyarakat.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Putri, D., Yunus, M., Luthfiyah, A., & Kristoper, P. (2025). KONTRIBUSI MAHASISWA PGSD DALAM PENGUATAN KESADARAN MULTIKULTURAL DI MASYARAKAT MELALUI PRAKTIK EDUKATIF. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 366–371. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2840

Issue

Section

Articles