EFEKTIVITAS BUKU PANDUAN STEAM “MAGNET CAR” TERHADAP PENINGKATAN SELF-EFFICACY SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wulandari Elia Ferdini Universitas Riau
  • Musdalifah Universitas Riau
  • Nurrohman Al Iqrom Universitas Riau
  • Jesi Alexander Alim Universitas Riau
  • Mitha Dwi Anggriani Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i2.2845

Keywords:

STEAM Guidebook, Magnet Car, Self-Efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Buku Panduan STEAM Magnet Car dalam meningkatkan self-efficacy siswa sekolah dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest dengan subjek sebanyak 35 siswa kelas V di salah satu SD di Pekanbaru. Instrumen yang digunakan berupa angket self-efficacy yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil uji statistik menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 29,29 (pretest) menjadi 31,09 (posttest). Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,005 (p < 0,05), yang menandakan peningkatan signifikan secara statistik. Uji N-Gain menghasilkan skor rata-rata 0,106 yang berada pada kategori rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan buku panduan STEAM Magnet Car memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan self-efficacy siswa dalam pembelajaran berbasis proyek. Temuan ini merekomendasikan integrasi buku panduan serupa dalam kegiatan pembelajaran STEAM guna mendorong motivasi, kreativitas, dan kepercayaan diri siswa sejak dini.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ferdini, W. E., Musdalifah, Nurrohman Al Iqrom, Jesi Alexander Alim, & Mitha Dwi Anggriani. (2025). EFEKTIVITAS BUKU PANDUAN STEAM “MAGNET CAR” TERHADAP PENINGKATAN SELF-EFFICACY SISWA SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 387–394. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i2.2845

Issue

Section

Articles