PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Teten Rohendi

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.809

Keywords:

Synergetic Teaching berbantuan video

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Synergetic Teaching berbantuan video untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperimen dengan desain one group pretest dan posttest. Populasi dan sampel yang digunakan seluruh siswa kelas V SDN 3 Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut sebanyak 28 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Analisis data menggunakan uji paired sampel test. Hasil penelitian menunjukan Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan menggunakan metode Sinergetic Teaching berbantuan video dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji paired samples test nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,000 < dari 0,05.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Rohendi, T. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.809

Issue

Section

Articles