HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 SURABAYA KEC. LIMBANGAN KAB. GARUT

Authors

  • Abdul Hakim
  • Indriyanti Karmila

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.810

Keywords:

Parental Attention, Learning Motivation

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode korelasional untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar dan kesiapan belajar siswa kelas V di SDN 2 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi untuk pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi adalah 0.013 < 0.05 dan untuk nilai thitung adalah  2.681 > 2.055, (2) terdapat hubungan anatara perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi untuk pengaruh perhatian orang tua terhadap kesiapan belajar adalah 0.000 < 0.05 dan untuk nilai t hitung adalah 4.684 > 2.055, (3) perhatian orang tua memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar dan kesiapan belajar siswa dengan melihat presentase sebesar 22.3% perhatian orang tua memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan sebesar 46,78% perhatian orang tua memberikan pengaruh terhadap kesiapan belajar siswa kelas V di SDN 2 Surabaya

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Hakim, A., & Indriyanti Karmila. (2024). HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 SURABAYA KEC. LIMBANGAN KAB. GARUT. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.810

Issue

Section

Articles