HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rajji Koswara Adiredja
  • Eko Fajar Suryaningrat
  • Silfany Andina

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.811

Keywords:

Linguistic Intelligence, Writing Skills

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena masih terdapat siswa yang kurang mampu dalam menyusun sebuah kata menjadi sebuah karangan/cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN 3 Lebakagung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jumlah populasi yang terdiri dari 24 orang siswa, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, kecerdasan linguistik dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN 3 Lebakagung keduanya berkategori sedang dengan frekuensi yang sama yaitu sebesar 66.6%. Pengujian korelasi kecerdasan linguistik dan keterampilan menulis karangan narasi diperoleh sebesar 0.630, yang termasuk dalam kategori “Kuat”, dengan koefisien determinasi sebesar 0.630 atau 36.69% pada taraf koefisien 5%. Sehingga terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 3 Lebakagung.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Adiredja, R. K., Eko Fajar Suryaningrat, & Silfany Andina. (2024). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 28–35. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.811

Issue

Section

Articles