PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Neng Elsa Novianti Ruhiat

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.812

Keywords:

Scrapbook learning model

Abstract

Hasil observasi pembelajaran IPA di kelas menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang terlihat kesulitan membaca dan memahami apa yang disampaikan oleh guru. Begitupun guru belum menggunakan media yang mampu membantu siswa memahami pembelajaran lebih mudah. Dengan demikian perlu adanya inovasi perubahan dalam pembelajaran yang mampu membantu siswa belajar IPA dengan lebih mudah dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh hasil belajar peserta didik dalam pelajaran IPA; dan 2) Pengaruh hasil belajar peserta didik yang dalam pembelajarannya menggunakan media pembelajaran Scrapbook. Metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan quasiexperiment dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Mekarbakti Garut. Hasil Penelitian sebagai berikut: 1) Adanya pengaruh hasil belajar peserta didik dalam pelajaran IPA 2) Pengaruh hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Scrapbook. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan pada mata pelajaran IPA setelah menggunakan media pembelajaran Scrapbook

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Ruhiat , N. E. N. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.812

Issue

Section

Articles