PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.813Keywords:
Speaking Skills, Picture Card Media, Learning MediaAbstract
Fokus dalam penelitian ini yakni berusaha untuk memaparkan pengaruh penggunaan media kartu gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 5 sekolah dasar.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitan eksperimen dengan desain penelitian yaitu pra eksperimen one group pretest-posttest, dimana partisipannya adalah siswa kelas 5 sekolah dasar. Teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media kartu gambar terhadap keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil skor rata-rata pretest yaitu 70,70 dan hasil skor rata-rata posttest yaitu 79,82. Dengan sig (2 tailed) = 2,037 dan p = 0,05 , t hitung > t tabel = (12,2073) > (2,037). Adapun skor gain siswa dari pretest ke posttest adalah sedang dengan skor rata-rata 0,31.