IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Tini Maryanti
  • Jamilah
  • Hendra Permana

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.816

Keywords:

Character Education Values, Civic Education Learning

Abstract

Penanaman pendidikan karakter dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah khususnya sekolah dasar menggunakan kurikulum 2013. Jenis penelitian kualitatif dan menggunakan deskriptif kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan tempatnya dan objeknya, peneliti menggambil objek penelitian guru kelas III dan keseluruhan siswa kelas III. proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter diambil dari 18 indikator presentasi yang nantinya indikator dengan proses penanaman nilai karakter di terapkan pada siswa kelas III di SDN 3 Cinunuk. Faktor yang mempengaruhi terhadap penanaman nilai karakter siswa ialah faktor internal dan faktor eksternal. Bentuk penanaman nilai-nilai karakter pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam pengintegrasian pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terdapat 5 indikator utama yang diamalkan.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Maryanti, T., Jamilah, & Permana, H. (2024). IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 64–69. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i1.816

Issue

Section

Articles