ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013 BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB 01 REJANG LEBONG
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.844Keywords:
Islamic Religious Learning, Children with Special Needs.Abstract
Tujuan dari penelitian untuk menganalisis suatu kurikulum yang saat ini digunakan yakni kurikulum 2013 pada materi pendidikan agama islam yang mana penelitian ini berfokus pada anak yang memiliki kebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang mana dilakukan di SDLB 01 Rejang Lebong, satu orang pendidik yang sebagai subjek, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan analisis data. Hasil dari penelitian ini yakni sangat diperlukannya kurikulum khusus untuk mata pelajaran pendidikan agama islam anak berkebutuhan khusus dan harus ada penyederhanaan dalam materi serta evaluasi yang mana dalam hal ini harus sesuai dengan dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus dalam penerapan model pembelajaran digunakan model Classical Class dan One on One Class, pendidik dalam memerikan informasi kepada peserta didik tentunya sangat diperlukan suatu kesabaran dan metode pembelajaran yang variatif dapat membuat peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran.