ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA TRANSISI PEMBELAJARAN

Authors

  • Luthfia Nilam Dewanti ersitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.846

Keywords:

Mathematics Learning Ability, Learning Transition

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan belajar matematika siswa sekolah dasar di masa transisi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan sampel yang digunakan sebagai subjek penelitian ini sebanyak 3 orang siswa sekolah dasar dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil tes kemampuan belajar matematika siswa yang dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh bahwa subjek FR mendapatkan skor 96 dengan kategori sangat baik, subjek MS mendapatkan skor 78 dengan kategori baik, dan subjek ZV mendapatkan skor 80 dengan kategori baik. Rata-rata skor hasil tes kemampuan belajar matematika siswa dalam penelitian ini adalah 84,6. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa  kemampuan belajar matematika siswa sekolah dasar pada masa transisi pembelajaran saat ini termasuk ke dalam kategori baik.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Dewanti, L. N., & Purnomo, H. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA TRANSISI PEMBELAJARAN. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 78–87. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.846