HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN KLIRONG TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Nur Isnaeni Universitas Sebelas Maret
  • Tri Saptuti Susiani
  • Muhamad Chamdani

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.847

Keywords:

Independence in learning, learning environment at school

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya: (1) hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA; (2) hubungan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPA; dan (3) hubungan kemandirian belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi berganda. Populasi penelitian ini berjumlah 725 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 312 siswa yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat: (1) hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA (Sig. 0,000 < 0,05) dengan koefisien korelasi 0,461; (2) hubungan positif dan signifikan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPA (Sig. 0,000 < 0,05) dengan koefisien korelasi 0,446; dan (3) hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPA (Sig. 0,000 <0,05) dengan koefisien korelasi 0,488. Berdasarkan analisis dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Nur Isnaeni, Susiani, T. S., & Chamdani, M. (2024). HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN KLIRONG TAHUN AJARAN 2021/2022. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 88–97. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.847