MENGEMBANGKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATLAUL ATHFAL DENGAN KEGIATAN LITERASI

Authors

  • Dewi Eka Kartini Universitas Sunan Gunung Djati
  • Fitri Nur’Aeni
  • Alvin Yanuar Rahman

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.848

Keywords:

literacy activities, developing interest in reading

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi pengembangan membaca peserta didik dalam kegiatan literasi membaca sekaligus mengukur tingkat kelancaran membaca yang dimiliki oleh peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu dengan observasi secara langsung di kelas dan melakukan wawancara terhadap kepala madrasah. Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru kelas, dan kepala madrasah MI Matlul Athfal. Hasilpenelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa peserta didik yang belum bisa membaca dengan benar, minat membaca pada diri peserta didik juga masih kurang, hal tersebut membuat kurang lancarnya membaca pada diri peserta didik. Hal ini dapat diatasi dengan mengembangkan minat membaca peserta didik dengan kegiatan literasi. Efektifitas penerapan kegiatan literasi untuk mengembangkan minat membaca pada peserta didik dapat dilihat ketika proses kegiatanpembelajaran berlangsung

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Kartini, D. E., Nur’Aeni, F., & Rahman, A. Y. (2024). MENGEMBANGKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATLAUL ATHFAL DENGAN KEGIATAN LITERASI. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 98–105. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.848