PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN KOLASE MATA PELAJARAN SBDP DI KELAS IV SD

Authors

  • Dea Asri Pujiasti
  • Silvi Putri Agusti
  • Enang Tatang Munawar

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.851

Keywords:

Discovery learning model, collage creativity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadapkreativitas siswa pada pembelajaran kolase mata pelajaran SBdP di kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknikpengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 20 dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 20,sehingga total sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah penilaianproduk. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Hasilperhitungan data menunjukan hasil post-test t_hitung 8,376 lebih besar dari t tabel yang sebesar 2,037 maka Hα diterima. Sehingga dapat disimpukan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat mempengaruhi kreativitas kolase siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV di SDN 2 Banyuresmi.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Pujiasti, D. A., Agusti, S. P., & Munawar, E. T. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN KOLASE MATA PELAJARAN SBDP DI KELAS IV SD. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.851