PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBILANG DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sipa Hayatul Pauziah
  • Ejen Jenal Mutaqin
  • Neni Nadhiroti Muslihah

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.852

Keywords:

Skills Counting, Congklak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh media permainan tradisional congklak terhadap keterampilan membilang  di kelas 1 SDN 1 Sindangsari tahun ajaran 2021/2022. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-Ekperimental Design tipe One Group Pretest – Postest Design. Sampel dalam penelitian ini  satu kelas yaitu siswa kelas I dengan jumlah 22 orang siswa. Instrument yang digunakan berupa test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil perhitungan yang menunjukan bahwa nilai thitung = 4,203 sedangkan ttabel = 1,721 dengan taraf signifikan α = 0,05 karena thitung = 4,203 ≥ ttabel = 1,721 sehingga thitung berada di luar daerah penerimaan H0,  maka Hditerima dan H0 ditolak, dimana Ha berbunyi “media permainan tradisional congklak tidak berpengaruh terhadap keterampilan membilang”. Sedangkan Ha berbunyi “media permainan tradisional congklak berpengaruh terhadap keterampilan membilang”. berdasarkan hasil penelitian tersebut maka “media permainan tradisional congklak berpengaruh terhadap keterampilan membilang”.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Pauziah, S. H., Mutaqin, E. J., & Muslihah, N. N. (2024). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBILANG DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.852