PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI

Authors

  • Yulia Agustina
  • Ejen Jenal Mutaqin
  • Muhammad Nurjamaludin

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.854

Keywords:

Numeracy Literation, Realistic Mathematics Education (RME)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Matematika siswa kelas V DI SDN 13 Regol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Research dengan Non- Equivalent Control Group Design. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan program softwere SPSS, didapatkan hasil sig.(2-tailed) sebesar 0,000.  Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa nilai 0,000 < 0,05, artinya penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi matematika siswa. Model RME memaksimalkan berbagai aspek literasi numerasi matematika dalam setiap tahapannya, sehingga selama proses pembelajaran siswa akan terbiasa dengan tahapan-tahapan yang bersifat literasi numerasi matematis.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Agustina, Y., Mutaqin, E. J., & Nurjamaludin, M. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 142–149. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.854