PENGARUH MEDIA BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Dina Pratama SDN 02 Panembong Garut
  • Widdy Sukma Nugraha
  • Ejen Jenal Mutaqin Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.860

Keywords:

Animation Video Media, Science Literacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media berbasis video animasi terhadap literasi sains siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Panembong. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 28 dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 28, sehingga total sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan data menunjukan hasil post-test thitung 5,3200 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2,0138 maka Hα diterima. Sehingga dapat disimpukan bahwa penerapan media berbasis video animasi dapat mempengaruhi kemampuan literasi sains siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Panembong.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Pratama, D., Nugraha, W. S., & Mutaqin, E. J. (2023). PENGARUH MEDIA BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN IPA. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.860

Issue

Section

Articles