PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS INKLUSI BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI KELAS IV SDN PATARUMAN 2 GARUT

Authors

  • Lia Safitri 1SDN 02 Pataruman Tarogong Kidul Garut
  • Lutfi Asyari
  • Neni Nadhiroti Muslihah

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.862

Abstract

Saat ini, praktik pendidikan inklusi belum secara optimal direalisasikan di tingkat SD Kabupaten Garut. Dengan demikian, diperlukan sebuah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kelas inklusi bagi tunagrahita kelas IV di SDN Pataruman 2. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV, koordinator inklusi, dan siswa tunagrahita kelas IV SDN Pataruman 2. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis. Data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun perencanaan berupa RPP khusus, pembelajaran dilakukan di dalam kelas secara bersama-sama, evaluasi siswa ABK menggunakan bentuk yang sama dengan siswa reguler. Untuk program khusus direncanakan dan dilaksanakan oleh koordinator inklusi minimal satu bulan sekali.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Safitri, L., Asyari, L., & Muslihah, N. N. (2023). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS INKLUSI BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI KELAS IV SDN PATARUMAN 2 GARUT. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.862

Issue

Section

Articles