PENGARUH STRATEGI AMBT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Imas Saadah SDN 02 Banyuresmi Garut
  • Dani Gunawan
  • Yennie Indriyanti Widyaningsih
  • Risma Nuriyanti

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.865

Keywords:

reading comprehension

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi AMBT terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis Quasi Eksperimental Designyang dirancang menggunakan non-equevalent control group design.  Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa. Kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 20 siswa, dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan data dan instrumen pada penelitian ini menggunakan tes yang diberikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji t dengan bantuan Microsoft Excel 2016. Adapun hasil penelitian ini sebelum diberikan perlakuan (pretest) menunjukkan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa sebesar 61,62 dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi AMBT diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,95. Berdasarkan hasil statistik diperoleh thitung 2,874 dan ttabel 2,0373. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi AMBT terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 2 Banyuresmi.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Saadah, I., Gunawan , D., Widyaningsih , Y. I., & Nuriyanti, R. (2024). PENGARUH STRATEGI AMBT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.865

Issue

Section

Articles