ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU SD DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Lisnawati Nurhasanah
  • Tetep
  • Muhammad Nurjamaludin
  • Mohamad Ramdan

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.869

Keywords:

Personality Competence

Abstract

Seorang guru dikatakan guru profesional jika telah melekat padanya kompetensi kepribadian. Kepribadian yang biasa dikenal sangat abstrak Hal ini mendorong peneliti untuk mengkaji lebih jauh tentang kompetensi kepribadian guru sekolah dasar melalui penelitian. Fokus penelitian ini adalah berusaha mengungkap: (1) Kompetensi kepribadian guru di era society 5.0; (2) Upaya guru dalam meningkatkan kompetensi kepribadiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi dimana subjeknya adalah guru sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) Kompetensi kepribadian guru-guru sudah mantap dan stabil, mampu bersikap dewasa, arif dan bijaksana dalam bertindak, berwibawa dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Di era society 5.0 ini guru-guru bisa mengimbangi antara IMTAQ dan IPTEK. (2) Sekolah dan guru-guru selalu berupaya meningkatkan kompetensi kepribadiannya melalui kegiatan pembinaan yayasan dan kepala sekolah, pelatihan tahsin, workshop dan IHT kurikum merdeka.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Nurhasanah, L., Tetep, Nurjamaludin, M., & Ramdan, M. (2023). ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU SD DI ERA SOCIETY 5.0. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.869

Issue

Section

Articles