PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.871Keywords:
Problem Solving Ability, Recitation Method, Independent LearningAbstract
Pendidikan di Indonesia berada dalam posisi gawat darurat, penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal salah satunya meliputi kemandirian belajar dan kecerdasan siswa yang berupa kemampuan pemecahan masalah. Hal ini mendorong peneliti untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di SDN 02 Padasuka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan dengan uji anova kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha diterima yaitu terdapat perbedaan pengaruh secara simultan penggunaan metode resitasi pada pembelajaran matematika antara kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 02 Padasuka.