PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Annisa Maryam Septiani
  • Eko Fajar Suryaningrat
  • Ejen Jenal Mutaqin

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.871

Keywords:

Problem Solving Ability, Recitation Method, Independent Learning

Abstract

Pendidikan di Indonesia berada dalam posisi gawat darurat, penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal salah satunya meliputi kemandirian belajar dan kecerdasan siswa yang berupa kemampuan pemecahan masalah. Hal ini mendorong peneliti untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di SDN 02 Padasuka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan dengan uji anova kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah  menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha diterima yaitu terdapat perbedaan pengaruh secara simultan penggunaan metode resitasi pada pembelajaran matematika antara kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 02 Padasuka.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Septiani, A. M., Suryaningrat, E. F., & Mutaqin, E. J. (2023). PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 37–43. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.871

Issue

Section

Articles