ANALISIS PERUBAHAN KURIKULUM DI INDONESIA DAN PENGEMBANGAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN

Authors

  • Friska Amalia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lutfi Asyari

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.877

Keywords:

Understanding by Design

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena pendidikan dapat mempermudah manusia dalam mengembangkan minat, bakat, dan kepribadian, serta memahami berbagai ilmu pengetahuan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia. Dalam mengatur proses pendidikan terdapat komponen yang memiliki peran strategis yaitu kurikulum. Kurikulum merupakan suatu program pembelajaran untuk mencapai tujuan institusional pada lembaga pendidikan, sehingga kurikulum memiliki peranan penting dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Indonesia mengalami banyak perubahan kurikulum dan perubahan kurikulum dianggap sebagai penentu masa depan peserta didik dalam suatu bangsa. Implementasi kurikulum merdeka merupakan perubahan dan pengembangan kurikulum sebelumnya. Pembelajaran paradigma baru memiliki prinsip bahwa proses pembelajaran yang dilakukan berdiferensiasi sehingga setiap pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat Pengembangan. Pengembangan kurikulum merdeka diharapkan menggunakan pendekatan Understanding by Design (UbD) yang diharapkan dapat memperbaiki kurikulum di Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Amalia, F., & Asyari, L. (2023). ANALISIS PERUBAHAN KURIKULUM DI INDONESIA DAN PENGEMBANGAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 65–72. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.877

Issue

Section

Articles