PENGARUH PENGGUNAAN METODE FUN LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT SISWA KELAS III UPT SDN 23 GRESIK

Authors

  • Rafidatul Hidayah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Afakhrul Masub Bakhtiar

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.922

Keywords:

Fun Learning

Abstract

Kualitas hasil belajar siswa  disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang berpengalaman dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa dan hasil yang diinternalisasi meliputi, sikap terhadap belajar, minat dan motivasi belajar, konsentrasi belajar, sedangkan faktor eksternal meliputi hal-hal seperti, guru sebagai pelatih belajar, infrastruktur dan fasilitas belajar. Pembalajaran yang kurang efektif serta tidak memadai, kualitas dan pengetahuan siswa UPT SDN 23 Gresik juga menjadi tidak pandai dan cakap. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pengembangan metode pembelajaran fun learning diimplementasikan di UPT SDN 23 Gresik. Dengan metode fun learning siswa  bermain sekaligus belajar untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan. Bertujuan untuk menambah kecapan serta kepandaian di UPT SDN 23 Gresik secara berkelanjutan. Hasilnya yaitu, siswa  menjadi lebih bersemangat untuk pergi ke sekolah, siswa  menjadi senang dan tertarik dengan kegiatan belajar mengajar karena metode fun learning yang tidak membosankan.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Hidayah, R., & Bakhtiar, A. M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN METODE FUN LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT SISWA KELAS III UPT SDN 23 GRESIK. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 81–86. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.922