PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN 6 SUKASONO

Authors

  • Fauziah Nurjanah Institut Pendidikan Indonesia
  • Dani Gunawan
  • Abdul Hakim

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.925

Keywords:

Speaking Skills

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakanmodel Everyone Is a Teacher Here, (2) untuk mengetahui gambaran keterampilan berbicara siswa setelah menggunakanmodel Everyone Is a Teacher Here, (3) untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model Everyone Is a Teacher HereTerhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 6 Sukasono. Penelitian inimerupakan penelitian Pre-Eksperimental Design dengan One Group Pretest Posttest Design. Sample dipilihmenggunakan teknik pruposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata keterampilan berbicara siswasebelum menggunakan Model Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here adalah 76,92. Untuk hasil keterampilan Berbicara Siswa setelah menggunakan Model Everyone Is a Teacher Here adalah 80,52. Berdasarkan hasil analisisstatistik dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan Model Pembelajaran Everyone Is a Teacher Hereterhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 6 Sukasono

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Nurjanah, F., Gunawan, D., & Hakim, A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN 6 SUKASONO. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 101–106. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.925