PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ejen Jenal Mutaqin Institut Pendidikan Indonesia
  • Eko Fajar Suryaningrat
  • Bela Putri Malihatun Ranjani

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.926

Keywords:

Collaborative Learning Model, Mathematical Literacy, Mathematical Disposition

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskrisikan pengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa kelas V di SD IT Bina Insan Qur’ani. Metode quasi experimental design nonequivalent control group digunakan dengan sampel 46 siswa. Data dikumpulkan melalui tes uraian (5 soal), angket (12 pernyataan), dan lembar observasi. Hasil menunjukkan rata-rata kemampuan literasi matematis sebelum dan sesudah treatment untuk kelas eksperimen (45 dan 77,97) serta kelas kontrol (58,11 dan 65,86), dengan hasil yang signifikan secara statistik. Hasil uji hipotesis menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model collaborative learning memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Mutaqin, E. J., Suryaningrat, E. F., & Ranjani, B. P. M. (2023). PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 107–115. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.926