PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN PADA MANUSIA DI KELAS V SDN 1 CINISTI

Authors

  • Widdy Sukma Nugraha Institut Pendidikan Indonesia
  • Dinda Raihan Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.938

Keywords:

Conceptual Understanding, Scramble Method

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Scramble Terhadap Pemahaman Konsep IPA pada Materi Sistem Pernafasan Pada Manusia di Kelas V SDN 1 Cinisti. Guru kelas v di sekolah masih banyak yang belum mengetahui metode pembelajaran scramble dan juga masih ada guru yang belum mengetahui apa itu metode sramble.Kuantitatif. Pre- Exsperimental Design. Berdasarkan hasil analisis uji t di peroleh hasil yaitu thitung -10.216 dan ttabel 1.761 dengan demikian di ketahui bahwa ttabel thitung , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan hasil analisis uji t di peroleh hasil yaitu thitung -10.750 dan ttabel 1.761 dengan demikian di ketahui bahwa ttabel thitung , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble Pemahaman Konsep pada siswa meteri sistem pernafasan pada manusia di kelas V di SDN 1 Cinisti.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Nugraha, W. S., & Raihan, D. (2023). PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN PADA MANUSIA DI KELAS V SDN 1 CINISTI. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 138–145. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.938