IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fitri Ayu Febrianti Institut Pendidikan Indonesia
  • Resti Febrianti
  • Tetep
  • Odang Hermanto

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.942

Keywords:

School Literacy Movement, Reading Interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah, mengetahui minat baca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap minat baca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN 2 Kota Kulon, Kepala Sekolah, dan Gurukelas IV. Proses analisis data terdiri dari mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Gerakan Literasi Sekolah dilakukan dengan cara membaca terpadu atau membaca yang dilakukan sebelum memulai pembelajaran dan membaca bersama atau membaca yang dilakukan diluar kelas (Hari literasi bersama). Minat baca baca peserta didik kelas IV di SDN 2 Kota Kulon ini tergolong dalam kategori sangat baik. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan minat bacapeserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 2 Kota Kulon sudah diterapkan atau sudah terlaksana dengan baik.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Febrianti, F. A., Febrianti, R., Tetep, & Hermanto, O. (2023). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 146–151. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.942