PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhammad Nurjamaludin Institut Pendidikan Indonesia
  • Santi Tharisa Aszhara Aszhara SDIT Atikah Musadad Garut/Institut Pendidikan Indonesia
  • Yennie Indriati Widyaningsih Institut Pendidikan Indonesia
  • De Budi Irwan Taofik Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.968

Keywords:

Metode Eksperimen dan Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPA kelas V di SDIT Atikah Musaddad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari 50 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian dengan materi magnet untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada post-test, dengan nilai t hitung sebesar 1,730 yang lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 2,01 (n=50), pada taraf signifikansi 0,05. Hasil ini mendukung penerimaan hipotesis alternatif (Ha) dan penolakan hipotesis nol (Ho), menyimpulkan bahwa metode pembelajaran eksperimen efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDIT Atikah Musaddad.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Nurjamaludin, M., Aszhara, S. T. A., Widyaningsih, Y. I., & Taofik, D. B. I. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 8–12. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.968

Issue

Section

Articles