THE INFLUENCE OF THE VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE LEARNING MODEL ON CIVIC CHARACTER
DOI:
https://doi.org/10.31980/journalcss.v8i1.1035Keywords:
Karakter Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Value Clarification TechniqueAbstract
Pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VIII SMP PLUS 30 JUZ cenderung masih berfokus dengan pengembangan kognitif (pengetahuan), sehingga permasalahan ini akan berdampak pada peserta didik sebagai output yang dihasilkan seperti terdapat peserta didik cerdas secara kognitif namun minim sikap toleransi terhadap peserta didik lainnya, cerdas secara kognitif namun kurang sopan terhadap guru, ataupun yang lainnya. Dengan demikian, peneliti mencoba melakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran VCT Terhadap Karakter Kewarganegaraan pada jenjang VIII SMP PLUS 30 JUZ. Peneliti menggunakan metode eksperimen yang dilakukan penelitian ini, Pada sampel penelitian ini memanfaatkan peserta didik di kelas VIII A sebagai (kelas eksperimen) dan dikelas VIII B sebagai (kelas kontrol). Kelompok eksperimen (VIII A) mengadopsi model pembelajaran vct dan kelompok kontrol (VIII B) pembelajaran memanfaatkan model pembelajaran ekspositori. Untuk mengukur karakter kewarganegaraan peserta didik dilakukan melalui teknik tes dan instrument berupa angket.
References
M. ASTUTI, Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA), 2022.
R. F. Lufri, Ardi, Relsas Yogica, METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN. Purwokerto: CV IRDH, 2020.
W. Nurafifah and S. Rachmania, “Analisis Kepribadian Anak Hiperaktif dalam Proses Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar serta Upaya Mengatasinya,” Mindset J. Pemikir. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 36–43, 2023, doi: 10.56393/mindset.v3i2.1557.
I. Setyawati, “Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning,” J. Kaji. Teor. dan Prakt. kependidikan, vol. 3, no. 1, pp. 12–23, 2019, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/4437
M. Riadi, “Model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique,” KAJIANPUSTAKA.
W. Fimansyah, “Implementasi Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Dengan Metode Bermain Peran Pada Mata Kuliah Pengembangan Materi IPS Untuk Penguatan Ranah Afektif Mahasiswa,” J. Ilm. Dikdaya, vol. 13, no. 1, p. 1, 2023, doi: 10.33087/dikdaya.v13i1.386.
Sugiono, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metod. Penelit. Kualitatif, no. 17, p. 43, 2015, [Online]. Available: http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
G. Darmanah, METODOLOGI PENELITIAN. Lampung: CV HIRA TECH, 2019.
R. T. Arismayanti, “Pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan melalui beban kerja sebagai variabel intervening pada puskesmas kendal kerep kota malang,” Univ. Maulana Malik Ibrahim, pp. 1–138, 2017, [Online]. Available: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10650
I. W. dan P. L. M. Widana, Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media, 2020.
S. H. Sahir, Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia, 2021.
D. A. R. P. Sari, I. M. Tegeh, and K. Pudjawan, “Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn,” J. Edutech Undiksha, vol. 8, no. 2, p. 183, 2020, doi: 10.23887/jeu.v8i2.29071.
R. Sianturi, “Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis,” J. Pendidikan, Sains Sos. dan Agama, vol. 8, no. 1, pp. 386–397, 2022, doi: 10.53565/pssa.v8i1.507.
N. R. Arofah, “Pengaruh Civic Knowledge dan Civic Disposition Terhadap Penyiapan Mahasiswa Menjadi Warga Negara Global di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamamdiyah Suarakarta,” Univ. Muhammadiyah Surakarta, pp. 1–64, 2019.