Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Problem Solving Dan Cooperative Learning Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i2.130Keywords:
Hasil Belajar, Peserta Didik, Problem Solving, Group InvestigationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Active Learning Tipe Problem Solving dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada pengukuran posttest (kelas eksperimen 1) dan posttest (kelas eksperimen 2) mata pelajaran Akuntansi. Penelitian di laksanakan di kelas X Ak di SMK Bahrul Uluum Kawali. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka. Bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada subjek penelitian kemudian memberikan tes pada subjek penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Terdapat peningkatan tingkat tinggi (dengan kriteria N-Gain) hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Active Learning tipe Problem Solving pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) 2) Terdapat peningkatan tingkat sedang (dengan kriteria N-Gain) hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Cooperative Learning tipe Group Investigation pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) 3) Terdapat perbedaan yang signifikkan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Active Learning tipe Problem Solving dengan metode Cooperative Learning tipe Group Investigation pada pengukuran akhir (posttest).