Manajemen Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nina Herlina Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i2.135

Keywords:

Manajemen, pembejaran daring, perguruan tinggi, pandemic covid -19

Abstract

Pola pembelajaran konvensional di perguruan tinggi berubah ke pembelajaran daring seiring adanya bencana global wabah pandemic covid-19. Setiap pengelola perguruan tinggi baik negeri maupun swasta diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19 di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Data dikumpulkan dengan wawancara melalui google form dan zoom cloud meeting. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan dosen dalam manajemen pembelajaran di perguruan tinggi pada masa pandemic covid-19 yaitu: 1) inovasi dan mendesain perkuliahan secara lengkap, 2) bervariasinya metode pembelajaran, 3) flatform atau aplikasi yang sesuai dengan materi perkuliahan, dan 4) adanya komunikasi yang baik dengan mahasiswa, 5) dapat meminimalisir kendala biaya kuota perkuliahan daring.

Downloads

Published

15-04-2024

How to Cite

Nina Herlina. (2024). Manajemen Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19 . Journal Civics And Social Studies, 4(2), 102–108. https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i2.135