TRAINING KETERAMPILAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN IPS BERFOKUS EFIKASI DIRI SISWA

Authors

  • Tetep Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Ade Suherman Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i2.136

Keywords:

Training Keterampilan Sosial, Pembelajaran IPS, Efikasi Diri

Abstract

Model training keterampilan sosial dapat meningkatkan efikasi diri siswa di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 3 Ciamis. Model training yang digunakan melalui; (a) sistem modelling, dilakukan dengan cara memperlihatkan contoh tentang ketrampilan berperilaku yang spesifik, (b) bermain peran, dilakukan dengan cara mendengarkan petunjuk yang disajikan model atau melalui video, (c) umpan balik terhadap kinerja yang tepat, yang dilakukan dengan cara memberi pengukuh terhadap peserta yang menunjukkan kinerja yang tepat. Setelah dilakukannya model training ini dapat 1)meningkatnya kecakapan dalam keterampilan sosial; 2) siswa aktif bertanya kepada guru ketika ada mata pelajaran yang tidak dimengerti, memahami dan mengatur emosi diri maupun orang lain (kontrol emosi), 3) siswa merespon orang lain dan mengarahkan tindakan sosial (sikap sosial), 4) interaksi dan berkomunikasi siswa secara verbal maupun non verbal (komunikasi) dengan individu dan kelompok lainnya sehingga membentuk siswa menjadi trampil berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya, baik dalam hubungan formal maupun informal, 5) siswa bertanggung jawab atas tindakan (tanggung jawab) dan, 6) siswa lebih memperhatikan orang lain (peduli).

Downloads

Published

15-04-2024

How to Cite

Tetep, & Ade Suherman. (2024). TRAINING KETERAMPILAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN IPS BERFOKUS EFIKASI DIRI SISWA . Journal Civics And Social Studies, 4(2), 109–117. https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i2.136