Penggunaan Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa pada Aspek Kognitif Tingkat Rendah (Quasi Eksperimen Pokok Bahasan Tenses pada Siswa Kelas XII Semester I di SMAN 16 Garut)

Authors

  • Teten Mohamad Sapril Mubarok Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i2.137

Keywords:

Flipbook, Hasil Pembelajaran Aspek Kognitif, Tenses, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebelum masa pandemi Covid-19 sebagai upaya untuk mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan aspek kognitif tingkat rendah antara siswa yang belajar dengan menerapkan media pembelajaran Flipbook dengan siswa yang tidak menerapkan media pembelajaran Flipbook. Desain penelitiannya adalah kuasi eksperimen menggunakan dua kelompok. Dalam proses pembelajarannya kelompok eksperimen menerapkan media pembelajaran Flipbook sedangkan kelompok kontrol tidak menerapkan media pembelajaran Flipbook. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 4 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol di SMAN 16 Garut. Dari penelitian diperoleh,bahwa: (1) Penguasaan aspek kognitif tingkat rendah konsep Tenses pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 16 Garut berada pada kualifikasi rendah pada aspek pengetahuan, pemahaman dan aspek aplikasi sebelum diberikan perlakuan penelitian yakni dengan menerapkan media pembelajaran Flipbook dalam proses pembelajaran. (2) Penguasaan Aspek Kognitif tingkat rendah konsep Tenses pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 16 Garut setelah diterapkan perlakuan penelitian mengalami peningkatan. Kelas yang menerapkan media pembelajaran Flipbook pada pembelajarannya terjadi peningkatan aspek pengetahuan menjadi kualifikasi tinggi, aspek pemahaman dan aplikasi menjadi kualifikasi sedang, sedangkan kelas yang tidak menerapkan media pembelajaran Flipbook pada pembelajarannya terjadi peningkatan menjadi kualifikasi sedang untuk aspek pengetahuan dan pemahaman dan kualifikasi rendah untuk aspek aplikasi. (3)Terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan aspek kognitif tingkat rendah penguasaan konsep Tenses antara siswa yang belajar dengan menerapkan media pembelajaran Flipbook dengan siswa yang belajar dengan tidak menerapkan media pembelajaran Flipbook pada pembelajaran Bahasa Inggris Kelas XII IPA di SMA Negeri 16 Garut.

Downloads

Published

15-04-2024

How to Cite

Teten Mohamad Sapril Mubarok. (2024). Penggunaan Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa pada Aspek Kognitif Tingkat Rendah (Quasi Eksperimen Pokok Bahasan Tenses pada Siswa Kelas XII Semester I di SMAN 16 Garut). Journal Civics And Social Studies, 4(2), 118–130. https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i2.137