THE EFFECT OF USE OF ICE BREAKING IN CIVICS LEARNING TO INCREASE STUDENTS' LEARNING MOTIVATION

Authors

  • Ilma Yulianti UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v8i2.2128

Keywords:

Mencairkan Kebekuan, Motivasi Belajar, PPKn

Abstract

Ice Breaking berupa kegiatan belajar yang dinamis dan menarik serta bisa memicu kembali motivasi belajar siswa dan menghadirkan situasi belajar yang lebih menyenangkan. Tujuan pengkajian ini ialah supaya mampu menjumpai efektivitas dari pengaplikasian Ice Breaking dalam pembelajaran PPKn supaya mampu mengoptimalkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X. Teknik sampel pada penelitian ini mengambil dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh dari penerapan Ice Breaking dalam mata pelajaran PPKn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dilihat dengan hasil perolehan Uji Paired Sample T Test sebesar 0,000 < 0,05  dan Uji Independent Sample T Test sebesar 0,000 < 0,05. Penting bagi guru supaya mampu memahami suatu istilah yang diaplikasikan dalam progres pembelajaran agar progres pembelajaran di kelas searah dengan tujuan pembelajaran. Motivasi belajar siswa tereskalasidan kualitas progres pembelajaran juga bisa meningkat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Ice Breaking dalam pembelajaran PPKn dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

26-12-2024

How to Cite

Yulianti, I. (2024). THE EFFECT OF USE OF ICE BREAKING IN CIVICS LEARNING TO INCREASE STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION. Journal Civics And Social Studies, 8(2), 162–171. https://doi.org/10.31980/journalcss.v8i2.2128